SELAMAT DATANG

Selamat Datang...
Agen - Agen Perubahan...!!!

Sabtu, 20 November 2010

10 Petunjuk Untuk Membantu Anda Mengatur Waktu

SEDIKIT ORANG YANG BENAR-BENAR MEMBUANG-BUANG WAKTU;
MEREKA HANYA TIDAK MENGGUNAKAN WAKTU SECARA SEMESTINYA.
TETAPI ANDA BISA MENGEMBANGKAN KEBIASAAN MENGHARGAI WAKTU YANG TAK BERNILAI.


Di bawah ini saya kemukakan sepuluh teknik yang bagi saya paling banyak menolong.

1.Buatlah rencana.
Anda memerlukan rencana permainan untuk hari kerja Anda. kalau tidak demikian, Anda akan mengalokasikan waktu menurut apa saja yang kebetulan mendarat di meja tulis Anda.
Dan Anda akan membuat kesalahan fatal mula-mula menangani masalah, bukan kesempatan.
Awalilah setiap hari dengan membuat jadwal umum, dengan penekanan khusus pada dua atau tiga hal yang ingin Anda selesaikan termasuk hal-hal yang akan mencapai sasaran jangka panjang. Jangan lupa, penelitian telah membuktikan kebenaran apa yang dikatakan oleh akal sehat kepada kita: makin banyak waktu yang kita lewatkan untuk merencanakan sebuah proyek, makin sedikit waktu total yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya. Jangan biarkan kesibukan hari ini mendesak waktu perencanaan dari jadwal Anda.

2.Pusatkan Perhatian.
Dari semua prinsip manajemen waktu, tidak ada yang lebih mendasar daripada konsentrasi atau pemusatan perhatian.
Orang yang punya masalah serius dalam hal manajemen waktu biasanya mencoba melakukan banyak hal sekaligus. Jumlah waktu yang digunakan dalam suatu proyek bukanlah hal yang penting: yang penting adalah jumlah waktu yang tak terganggu.
Tidak banyak masalah yang dapat bertahan dari serangan habishabisan; dan hanya sedikit yang bisa dipecahkan dengan mudah.

3.Ambillah istirahat.
Bekerja dalam waktu lama tanpa istirahat bukanlah penggunaan waktu yang efektif.
Energi makin menurun, kebosanan makin mempengaruhi, serta stress fisik dan ketegangan makin terkumpul.
Selama beberapa menit mengalihkan kerja otak ke sesuatu yang lebih jasmaniah sifatnya—latihan isometrik, berjalan berkeliling kantor, bahkan mengubah posisi dari duduk menjadi berdiri—bisa memberikan pemulihan.
Walaupun demikian, hanya beristirahat saja kerap kali merupakan cara yang paling baik; dan Anda tidak boleh menganggap istirahat sebagai penggunaan waktu yang sia-sia.
Bukan hanya kesegaran akan meningkatkan efektivitas, tetapi mengendurkan ketegangan akan menguntungkan bagi kesehatan .Apa saja yang menambah kesehatan merupakan pemanfaatan waktu yang baik.

4.Hindarkan kekacauan.
Beberapa orang selalu membiarkan meja tulisnya penuh kertas yang berantakan, mengira bahwa dengan suatu cara persoalan yang penting akan naik sendiri ke puncak tumpukan.
Walaupun demikian, dalam banyak kasus kekacauan seperti ini menghambat konsentrasi serta meningkatkan ketegangan dan frustrasi - menimbulkan perasaan seperti orang yang tertimbun salju,
setiap kali Anda mendapatkan meja tulis Anda berantakan, ambillah waktu untuk mengaturnya kembali. Periksa semua kertas (manfaatkan keranjang sampah semaksimal mungkin) dan bagilah semua menjadi kategori sebagai berikut:
a.Perhatian seketika.
b.Prioritas rendah.
c.Perlu ditunda
d.Bahan bacaan.
Letakkan bahan prioritas tertinggi dari tumpukan di tengah meja tulis Anda, kemudian letakkan lain-lainnya di tempat yang tidak terlihat.
Ingat, Anda hanya bisa memikirkan satu hal pada satu kesempatan dan Anda hanya bisa melaksanakan satu tugas setiap kali, jadi pusatkanlah perhatian Anda hanya pada persoalan yang paling penting. Poin yang terakhir: membersihkan meja tulis sepenuhnya, atau paling tidak mengaturnya setiap petang harus menjadi kebiasaan standar. Ini membuat hari berikutnya merupakan awal yang baik.


5.Jangan menjadi perfeksionis.
Ada perbedaan yang besar antara berusaha mendapat hasil yang baik dan mati-matian mengejar kesempurnaan.
Yang pertama bisa dicapai, memberi kepuasan dan sehat. Yang kedua kerap kali mustahil, mengakibatkan frustasi dan gangguan jiwa. Itu juga pembuangan waktu yang sia-sia. Stenografer yang mengetik kembali surat yang panjang hanya karena kesalahan kecil, atau boss yang menuntut pengetikan ulang seperti itu, mungkin akan ada manfaatnya mengamati.
Deklarasi Kemerdekaan. Ketika penulis dokumen ini membuat dua kesalahan karena ada kata yang tertinggal, dia hanya menyisipkan kata yang tertinggal di antara dua baris.
Kalau ini diperbolehkan dua dokumen yang melahirkan kemerdekaan Amerika, tentunya akan bisa diterima pula dalam surat yang hanya akan dilihat sebentar sebelum disimpan dalam lemari arsip atau dibuang ke keranjang sampah!

6.Jangan takut mengatakan tidak.
Dari semua teknik menghemat waktu yang pernah dikembangkan, barangkali yang paling efektif adalah seringnya menggunakan kebijaksanaan tetapi tegas, setiap permintaan yang tidak menunjang pencapaian sasaran Anda.
Kalau Anda menunjukkan bahwa motivasi Anda bukan menghindari pekerjaan tetapi tegas, setiap permintaan yang tidak menunjang pencapaian sasaran Anda.
Kalau Anda menunjukkan bahwa motivasi Anda bukan menghindari pekerjaan tetapi menghemat waktu untuk melakukan kerja lebih baik dalam hal-hal yang benar-benar penting, Anda akan mendapat kesempatan yang baik untuk menghindari tugas yang tidak produktif. Ingat, banyak orang yang tidak mau menyinggung perasaan orang lain akhirnya hidup dengan mengikuti prioritas orang lain.

7.Jangan menunda-nunda.
Penundaan pekerjaan pada umumnya merupakan kebiasaan yang sudah berurat berakar. Tetapi kita bisa mengubah kebiasaan kita asalkan kita menggunakan sistem yang tepat. William James, bapak psikologi Amerika, membahas sistem serupa itu dalam bukunya yang termashur Principles of Psuchology, yang diterbitkan pada tahun 1890. Sistem ini bekerja sebagai berikut:
a.Putuskan untuk mulai berubah segera setelah Anda selesai membaca artikel ini, sementara hati Anda tergerak oleh motivasinya. Mengambil langkah pertama dengan seketika penting sekali.
b.Jangan mencoba berbuat terlalu banyak terlalu cepat. Yang perlu Anda lakukan hanya memaksa diri Anda sekarang juga untuk melakukan satu pekerjaan yang sudah Anda tunda.

Kemudian, mulai besok pagi, awalilah setiap hari dengan melakukan pekerjaan yang paling tidak-menyenangkan dalam jadwal Anda. Kerap kali itu hanya sebuah persoalan kecil: permintaan maaf yang sudah terlambat; konfrontasi dengan seorang rekan kerja; tugas mengesalkan yang bagaimanapun juga harus Anda lakukan. Apa pun yang harus Anda lakukan, lakukanlah sebelum Anda mengerjakan tugas rutin yang biasa tiap pagi. Prosedur yang sederhana ini akan menjadi awal yang baik bagi hari kerja Anda.
Anda akan merasa senang menyadari bahwa walaupun hari baru berumur 15 menit. Anda sudah menyelesaikan hal yang paling tidak menyenangkan yang harus Anda lakukan sepanjang hari.
Walaupun demikian ada satu peringatan untuk berhati-hati. Jangan biarkan terjadi satu perkecualian. William James membandingkan ini dengan pekerjaan menggulung bola benang; sekali kemelesetan dapat menguraikan lebih banyak benang daripada yang bisa digulung dalam waktu yang sama.
Bersikaplah tegas dengan diri Anda sendiri, selama beberapa menit pertama setiap hari, selama dua minggu berikutnya dan saya yakin Anda akan mendapat kebiasaan baru untuk menghargai waktu.

8.Lakukanlah pembedahan radikal.
Kegiatan yang membuang-buang waktu sama seperti kanker. Kegiatan ini menghabiskan tenaga dan cenderung tumbuh makin besar. Satu-satunya cara penyembuhan adalah pembedahan radikal.
Jika Anda membuang-buang waktu dalam kegiatan yang membuat Anda bosan, mengalihkan perhatian dari sasaran yang sesungguhnya dan menyedot tenaga Anda,buanglah kegiatan ini, sekali untuk selamanya.

Prinsip ini berlaku bagi kebiasaan pribadi, pekerjaan rutin dan kegiatan lainnya yang berhubungan dengan pekerjaan Anda.
Periksalah kalender perjanjian Anda, kegiatan ekstrakurikuler Anda, daftar bacaan Anda, kebiasaan menonton televisi Anda, dan buanglah apa yang tidak memberi Anda rasa puas.
9.Delegasikan pekerjaan.
Walaupun demikian Anda tidak perlu menjadi pemimpin nasional atau eksekutif perusahaan raksasa untuk bisa mendelegasikan pekerjaan. Orangtua yang tidak mewakilkan pekerjaan rumah tangga akan memberatkan diri sendiri dan anak-anaknya.
Memimpin perindukan Pramuka akan sama makan waktunya dengan memimpin General Motors kalau Anda mencoba melakukan sendiri segala-galanya. Satu peringatan: memberikan kepada bawahan pekerjaan yang tidak disukai, oleh Anda dan semua orang lainnya bukanlah mendelegasikan, tetapi memberi perintah.
Belajarlah mendelegasikan tugas yang penuh tantangan dan memberikan imbalan imbalan, bersama dengan wewenang secukupnya untuk mengambil keputusan yang perlu. Ini membantu pembebasan waktu Anda.

10.Jangan ”kecanduan kerja”.
Hampir semua eksekutif sukses yang saya kenal mempunyai jam kerja yang panjang, tetapi mereka tidak membiarkan pekerjaan menganggu hal-hal yang penting dalam hidup mereka, seperti misalnya bergaul dengan teman-teman, memperhatikan keluarga dan pergi memancing.
Ini membedakan mereka dari orang yang kecanduan kerja, yang sama seperti orang kecanduan alkohol. Gejala kecanduan kerja mencakup penolakan untuk mengambil liburan, tidak bisa menyingkirkan kantor dari pikiran dalam akhir pekan, tas kantor yang menggembung, serta istri dan anak yang asing baginya.
Nasihat bisa membantu orang-orang ini mengatasi masalah seperti yang telah disebutkan di atas. Tetapi untuk permulaan, lakukanlah sedikit pemberian nasihat kepada diri sendiri.
Tanyakan kepada diri sendiri apakah bekerja sampai larut malam tidak mempengaruhi kesehatan Anda. Tanyakan kepada diri sendiri dimana letak keluarga anda dalam daftar prioritas, apakah Anda cukup memberikan diri Anda kepada teman hidup Anda dan anak-anak, dan apakah Anda menipu diri sendiri dengan berpura-pura bahwa semua pengorbanan yang Anda lakukan benar benar demi mereka.
Di atas segala-galanya, manajemen waktu yang baik melibatkan kesadaran bahwa hanya hari ini sajalah yang kita miliki untuk melakukan pekerjaan.
Masa lalu sudah lenyap dan tidak bisa kembali lagi,dan masa depan hanyalah sebuah konsep. Kritikus seni dari Inggris John Ruskin menyuruh agar kata ”TODAY” diukirkan pada sebungkal kecil pualam yang diletakkan di meja tulisnya sebagai peringatan agar terus-menerus dia ”Melakukannya sekarang”. Tetapi kutipan yang paling saya sukai ditulis oleh seorang filsuf yang tidak mau disebutkan namanya:

“Kemarin adalah cek yang dibatalkan.
Hari esok adalah sehelai surat promisori.
Hari ini adalah uang tunai. Gunakanlah…!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar